Oleh Admin

OH BEGINI OLAHRAGA MASYARAKAT URBAN

Urban, sebuah kata yang sudha sering banget kita dengar. Familiar namun nggak sedikit juga kurang paham apa yang dimaksud dengan urban. Bener nggak?!

Kawasan urban adalah sebuah kawasan perkotaan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.

Secara mudahnya, kawasan urban adalah kawasan dimana tempat tinggal menyatu dengan kegiatan-kegiatan ekonomi dan pemerintahannya. Nah, kalau Urban Fashion itu sendiri artinya gaya pakaian yang terkait dengan budaya perkotaan, khususnya anak muda.

Masyarakat, khususnya kaum urban, kini menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Di tengah-tengah aktivitasnya yang padat, masyarakat urban tetap meluangkan waktunya khusus untuk berolahraga. Entah itu pada pagi hari sebelum berangkat beraktivitas, saat pulang beraktivitas pada sore atau malam hari, ataupun pada akhir pekan.

Masyarakat urban nggak lagi berolahraga hanya karena ikut-ikutan tren semata, tetapi mereka sudah menganggap olahraga sebagai kebutuhan. Karena semakin lama kesadaran orang akan hidup sehat semakin tinggi.

Dengan demikian, nggak heran apabila masyarakat urban senantiasa meluangkan waktu untuk berolahraga di antara kesibukan sehari-hari. Ada beberapa olahraga yang kerap menjadi pilihan kaum urban, diantaranya sebagai berikut:

 

Zumba

Hal lain yang nggak bisa terpisahkan dari kaum urban adalah musik, kamu pasti setuju. Kaum urban senang mendengarkan musik kapan pun, termasuk saat berolahraga. Latihan fisik yang diiringi dengan musik membuat tambah bersemangat tentunya.

Zumba merupakan gabungan aerobik dan dance yang diiringi musik energik, biasanya musik latin. Koreografinya memadukan gerakan hip-hop, soca, samba, salsa, merengue, dan mambo. Olahraga ini cukup banyak diminati terutama bagi para cewek karena mampu membakar cukup banyak kalori di setiap sesinya, antara 500-1000 kalori.

 

Yoga

Jika ingin meregulasi stress dengan beraktivitas fisik, yoga jawabannya. Olahraga dari India ini melatih kekuatan fisik, mental, dan spiritual. Yoga mengajarkan teknik mengontrol tubuh dan pikiran.

Yoga pun kini telah berkembang menjadi sebuah olahraga yang dapat menambah ketahanan energi pada tubuh untuk segala jenis olahraga, seperti lari ataupun cross training. Dengan begitu, Yoga nggak lagi tersegmen sebagai olahraga cewek, tetapi juga bisa untuk cowok.

 

Lari Marathon

Lari juga menjadi olahraga favorit kaum urban. Selain mudah, lari nggak membutuhkan biaya banyak dan nggak menyita waktu. Jadi, seseorang bisa melakukannya di sela-sela kesibukan.

Terlebih lagi, sekarang semakin banyak pertandingan lari marathon yang diadakan perusahaan atau badan sosial. Umumnya, di acara tersebut pihak penyelenggara juga menghadirkan pertunjukan musik dan bazaar. Masyarakat urban pun bersemangat mengikuti perlombaan seperti itu bersama gebetan, teman-teman atau komunitas lari mereka.

Kalau untuk kamu sendiri, olahraga mana yang akan kamu jadikan gaya hidup kamu sehari-hari Sobat Hydro? Atau kamu punya pilihan lain?

5 Jenis Sepatu Lari dan Fungsinya Masing-Masing

Lifestyle 1 July 2014

5 Jenis Sepatu Lari dan Fungsinya Masing-Masing

Read More
COWO KE PASAR ITU

Activities Hydrococo Lifestyle 6 January 2017

COWO KE PASAR ITU

Read More