PENGEN BIKIN VLOG YANG KEKINIAN? INI DIA JURUS JITUNYA!

Health 25 November 2016

Oleh Admin

PENGEN BIKIN VLOG YANG KEKINIAN? INI DIA JURUS JITUNYA!

Kamu pasti sudah familiar dengan namanya blog? Blog adalah aplikasi website. Pada dasarnya seperti bagian dari situs website yang bisa diakses online. Fungsi utamanya memuat tulisan – tulisan dan foto (gambar). Biasanya tulisannya yang banyak dibaca oleh banyak orang tuh tentang makanan dan tempat makan recommended, soal fashion, atau yang sempet heboh banget.. tulisan – tulisan motifasi. Yang asik dari blog ini adalah kamu bisa mencari uang tambahan. Entah dari iklan yang dipasang di blog kamu atau ketika kamu diminta untuk mengulas tentang makanan atau pakaian yang lagi ngetrend saat ini. Inilah yang seru dan menarik dari blog. Tapi sekarang ada lagi kawan – kawan yang lagi seru dan lagi ngetrend banget, yaitu vlog. Makhluk macam apa vlog itu? Di indonesia vlog baru akrab terdengar dan lagi kekinian banget dibandingkan dengan blog. Sebenernya hampir mirip lah antara blog dan vlog. Tapi vlog berbentuk video. Jadi tulisan – tulisan dan foto itu digantikan oleh sebuah video pendek menceritakan tentang sesuatu. Vlog adalah istilah bagi para youtuber yang artinya video blog, untuk para youtuber yang membuat Vlog biasanya panggil Vlogger namun jika di indonesia lebih disebut Youtuber ketimbang vlogger. Tujuan bikin vlog juga macem – macem. Buat yang suka narsis sih mungkin tujuannya seperti ingin terkenal. Kalau soal manfaat ya pasti banyak yah seperti membuat diri menjadi lebih pede untuk tampil di depan umum. Intinya vlog dengan blog nggak jauh beda namun jika vlog menggunakan video sedangkan blog menggunakan tulisan disertai gambar. Ada beberapa trik jitu bagaimana cara asik bikin vlog. Ini diantaranya..

Pertama, tujuan.

Tujuan kamu bikin vlog apa? Kamu mau video – video kamu ini dilihat oleh siapa saja? cuma ingin dikenal teman kamu atau lebih dari itu? kamu sendiri yang bisa ngejawab itu. Kalau ingin terkenal banget artinya kamu harus mencari tahu kira – kira apa nih konten yang akan membuat orang lain ngeliat vlog kamu. Demi tujuan terkenal, beberapa vlogger malah sengaja membuat kontroversi biar banyak orang datang melihat videonya. Sejujurnya memang nggak ada masalah sama hal ini, asal tahu konsekuensi dan bertanggung jawab penuh dengan isinya. Kita semua tahu koq, Bad News is a Good News. Bad Contents is a Good Contents.

Kedua, tema.

Yes, tentunya agar menarik para pengunjung / penonton, hal yang utama itu memperhatikan tema video blog kamu, apakah itu tentang “How to”, atau isinya hanya kamu mengcover lagu – lagu kesukaan kamu atau lagu yang lagi “in” saat ini.

Ketiga, editing.

Jangan khawatir soal editing, banyak software seperti Sony vegas yang dapat kamu gunakan untuk mengedit video kalian, Sony vegas memiliki banyak template berupa intro ataupun Outro, nah tinggal kamu menyesuaikan saja mana yang cocok buat kamu. Atau kamu udah terbiasa ngedit – ngedit video sendiri dengan gaya kamu sendiri? Silahkan saja.ada banyak koq video tutorialnya.

Keempat, referensi.

Yang satu ini nggak bisa dilepasin. Kamu harus cari banyak referensi yang menurut kamu pas dengan gaya, tema dan tujuan kamu. Nggak ada salahnya kok mencontoh tapi tetap dibuat ada sedikit improvement biar ada perbedaan dengan yang aslinya.

Sekarang udah paham kan bagaimana trik jitu membuat vlog yang kekinian? Ayolah cobain. Mumpung vlog ini lagi rame banget belakangan ini.

Tips Menjadi Penulis yang Produktif

Activities Lifestyle 13 January 2016

Tips Menjadi Penulis yang Produktif

Read More
5 LOMBA 17-AN YANG SERU DAN NGGAK ABIS DIMAKAN JAMAN

Activities Health Hydro Coco's Articles 4 August 2017

5 LOMBA 17-AN YANG SERU DAN NGGAK ABIS DIMAKAN JAMAN

Read More