PERCAYA DIRI ITU BOLEH, TAPI PLIS JANGAN BERLEBIHAN

Hydrococo Lifestyle 23 January 2017

Oleh Admin

PERCAYA DIRI ITU BOLEH, TAPI PLIS JANGAN BERLEBIHAN

Novel adalah cowo yang oke, ganteng dan pintar, sehingga ia sering menerima sanjungan dari orang-orang di sekitarnya. Novel tu’ anak yang berasal dari keluarga yang cukup berada. Membuatnya gampang diterima di lingkungan manapun. Suka mentraktir teman – teman sekolahnya di fitsa hat ataupun beberapa café tongkrongan keren di kota nya. Di akhir tahun sekolah, Novel pun lulus dengan nilai memuaskan dan memperoleh kursi di perguruan tinggi favorit. Namun, perubahan pun terjadi. Lingkungan dan suasana di bangku kuliah membuat Novel sulit beradaptasi karena sebelumnya ia terlalu puas dan yakin dengan kemampuannya. Novel pun beberapa kali gagal dalam ujian.

Dalam psikologi ada istilah fixed mindset, yang kalau kita sederhanakan yaitu pola pikir seseorang yang enggan berkembang, lebih senang dan nyaman dengan apa yang udah ada, seperti situasi atau kemampuan yang dimiliki. Seseorang yang terlalu percaya diri dan cenderung mudah puas dengan apa yang ada biasanya memiliki pola pikir demikian. Pula mau menang sendiri. Tidak jarang mereka pun akhirnya nggak melakukan upaya lebih untuk meraih hal baru yang sebenarnya ingin dicapainya.

Sebenarnya ada apa sih dengan kondisi percaya diri yang berlebihan kaya ini? Terlalu percaya diri tu’ menghambat pencapaian karena terlalu percaya diri dapat mengurangi produktivitas.

Sebuah kalimat yang sering banget kita denger berbunyi seperti ini: “Segala sesuatu yang berlebihan memang nggak baik, termasuk perihal kepercayaan diri”. Memang sih terdengar klise, tapi ya itulah adanya dan sebenarnya. Jika saat ini rasa percaya diri kamu sudah berada pada batas yang nggak wajar, kamu perlu mengoreksi diri. Apa alasannya?

Seseorang yang berusaha keras menampilkan image penuh percaya diri sebenarnya sedang menggunakan “tameng” untuk menyembunyikan sesuatu di dalam dirinya. Penyebabnya, ia ingin menjadi sosok inferior. Padahal, sikap ini akan membuat kita terlihat arogan. Milikilah sikap percaya diri yang lebih inklusif dan kalahkan ego! Ingat loh, memiliki kepercayaan diri bukan berarti kamu di atas segalanya dari orang lain. Jadi kita sudah tahu, rasa percaya diri yang berlebihan itu tanda seseorang sedang nyembunyiin sesuatu dalam dirinya.

Nggak mengetahui seperti apa karakter diri sendiri adalah hal yang berbahaya seperti senjata biologis. Contohnya, ketika kamu sering kali menerima pujian dari orangtua, teman, atau atasan. Lalu ketika mereka memberikan kritik tajam, kamu lantas bersikap kezel, sebel, defensif dan bahkan membuatmu depresi. Karena itu, ketahui dari mana rasa percaya dirimu datang. Dengan begitu kamu nggak akan mengumbar karakter palsu kepada setiap orang. Poin kedua intinya itu rasa percaya diri yang berlebihan adalah wujud palsu sebuah karakter.

Bagaimana dengan efeknya? Oke, anggap saja bahwa kamu merasa nggak ada yang salah dengan rasa percaya diri yang kamu miliki saat ini. Tapi orang lain justru akan menganggap kamu sebagai sosok yang arogan. Arogansi dan over confidence memang memiliki perbedaan yang sangat tipis. Jika kamu ingin tahu perbedaannya, amati apakah sikap tersebut menimbulkan banyak hal positif di dalam diri atau justru sebaliknya. Di titik ini mudah – mudahan kamu tahu apa yang harus kamu lakukan ketika kamu berada disuatu suasana

JANGAN MINUM AIR DINGIN SETELAH MAKAN, INI LOH BAHAYANYA

Activities Health Lifestyle 20 September 2017

JANGAN MINUM AIR DINGIN SETELAH MAKAN, INI LOH BAHAYANYA

Read More
INILAH ALASAN KENAPA INDONESIA BISA JUARA PIALA AFF 2016

Activities Hydrococo Lifestyle 19 December 2016

INILAH ALASAN KENAPA INDONESIA BISA JUARA PIALA AFF 2016

Read More