SEBAGAI ANAK MUDA INDONESIA, KAMU HARUS TAHU APA YANG DIMAKSUD NUSANTARA?

Activities Lifestyle Traveling 13 December 2017

Oleh Admin

SEBAGAI ANAK MUDA INDONESIA, KAMU HARUS TAHU APA YANG DIMAKSUD NUSANTARA?

Selamat hari Nusantara Sobat Hydro. Kali ini kita akan sedikit serius rasanya nggak masalah ya. Dan kamu tahu bahwa saat ini, kondisi wawasan nusantara di negeri tercinta terkikis secara signifikan, hal itu dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang nggak hafal Pancasila, melupakan UUD 1945, dan nggak peduli dengan pemerintah dan negara Indonesia.

Jadi secara deklaratif maupun implementatif, masyarakat bisa dibilang nggak paham tentang falsafah dan dasar negara. Dan kehilangan wawasan tentang makna dan juga hakikat bangsa serta kenusantaraan dapat mendorong terjadinya disorientasi dan juga perpecahan di berbagai wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, peningkatan wawasan kenusantaraan perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa dan kemandirian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Istilah nusantara sering kita gunakan untuk menyebut nama negara kita Indonesia. Dalam lirik puisi dan lagu istilah ini juga sering digunakan. Apakah sebenarnya pengertian nusantara itu? Nusantara adalah sebutan untuk wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai ke Papua dimana pada saat sekarang sebagian besar memang termasuk wilayah negara Indonesia.

Mengapa hanya sebagian besar? Karena nggak semua daerah di bentangan pulau tersebut termasuk wilayah Indonesia, ada wilayah negara-negara lain seperti Timor Leste, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Secara bahasa kata nusantara berasal dari bahasa jawa kuna yaitu “nusa” yang berarti pulau dan “antara” yang artinya lain atau seberang. Kata nusantara pertama kali terdapat dalam literatur berbahasa jawa yang merupakan gambaran konsep kenegaraan majapahit.

Nusantara dalam konsep kenegaraan majapahit merupakan sebutan untuk pulau-pulau lain di luar jawa yang sudah nggak mendapat pengaruh budaya jawa tetapi diakui sebagai daerah taklukan majapahit dimana para penguasanya harus menyerahkan upeti ke majapahit.

Setelah sekian lama istilah nusantara kembali dicetuskan pada tahun 1920-an oleh Ki Hadjar Dewantara, seorang aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pendiri taman siswa, sebagai nama bagi negara ini. Salah satu alasannya karena pada istilah ini nggak terdapat unsur bahasa asing. Walaupun akhirnya nama Indonesia yang digunakan sebagai nama negara, istilah nusantara masih tetap sering digunakan bahkan hingga saat sekarang.

Ada satu istilah yang cukup sering kita dengar yang berkaitan dengan istilah ini yaitu wawasan nusantara. Pengertian wawasan nusantara adalah sebuah konsep bagaimana cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan dua landasan dasar yaitu pancasila dan UUD 1945.

Wawasan nusantara ini perlu ditanamkan pada seluruh warga negara agar rasa nasionalisme tetap terjaga. Seorang warga negara yang baik harus mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Dua landasan dasar wawasan nusantara adalah pancasila dan UUD 1945 yang merupakan falsafah dan landasan hukum warga dalam menjalankan kehidupan bernegara.

Dalam menjalankan wawasan nusantara tentu diperlukan asas-asas sebagai ketentuan dasar yang harus dipatuhi dan dipelihara, diantaranya asas kepentingan/tujuan yang sama, keadilan, kerjasama, solidaritas, kejujuran, dan kesetiaan terhadap kesepakatan. So, kira-kira itulah yang dimaksud dengan Nusantara. Sekali lagi, Selamat Hari Nusantara Sobat Hydro!

Tips Menikmati Liburan di Pantai

Activities Lifestyle 28 October 2014

Tips Menikmati Liburan di Pantai

Read More
TIGA PILIHAN PAS UNTUK MAKAN SIANG BARENG TEMAN KANTOR SETELAH LEBARAN

Activities Lifestyle 5 June 2019

TIGA PILIHAN PAS UNTUK MAKAN SIANG BARENG TEMAN KANTOR SETELAH LEBARAN

Read More