SEBAGAI ANAK MUDA KITA PATUT MEMAKNAI HARI RAYA

Activities Hydrococo Lifestyle 25 December 2017

Oleh Admin

SEBAGAI ANAK MUDA KITA PATUT MEMAKNAI HARI RAYA

Sesekali kita mengisi ruang ini dengan sesuatu yang bermakna dan agak berat rasanya nggak ada salahnya ya Sobat Hydro.

Langsung saja, kalau Sobat Hydro membaca dari sumber manapun, Bhineka Tunggal Ika itu mempunyai arti berbeda-beda tetapi satu. Bhinneka Tunggal Ika terdapat dalam  Garuda Pancasila   sebagai Lambang Negara Republik Indonesia.

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Lambang Negara Indonesia berbentuk burung garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang Garuda).

Dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Jadi kalau kita persingkat, secara harfiah pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah Berbeda-beda tetapi Satu Itu.  Adapun makna Bhinneka Tunggal Ika  adalah  meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan.

Tetapi yang sangat disayangkan saat ini adalah banyaknya anak muda yang nggak terlalu paham akan arti perbedaan. Terutama saat hal tersebut bersinggungan dengan yang namanya keagamaan.

Padahal sebenarnya sudah jelas dijelaskan tanpa perlu banyak perdebatan, bahwa apapun yang berbeda Indonesia ini sudah sangat pasti merupakan satu kesatuan.

Jika kita melihat tanpa menggunakan rasa apapun, tapi gunakan logika. Secara logika… siapapun warga Negara Indonesia yang sedang merayakan hari rayanya masih-masing, patut mendapatkan kebebasan merayakan.

Sebenarnya sikap dan tindakan saling menghormati antar umat beragama di Indonesia itu ada, namun hal tersebut jarang terdengar. Hal ini menurut Anick Hamim Tohari, seorang aktivis pluralisme yang pernah bekerja di Jaringan Islam Liberal, disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya karena sifat mudah lupa dan acuh.

“Meskipun itu (sikap saling menghormati) itu tindakan yang wajar dan sudah seharusnya dilakukan di Indonesia, tapi dalam kondisi di mana intoleransi meningkat tajam, kampanye ini (saling menghormati) harus terus-menurus dilakukan,” kata Anick.

Anick pun mengimbau agar semua pemeluk agama saling mendukung dan mencegah adanya kasus-kasus intoleransi.

Dan saat kita berbicara tentang hari raya. Rasanya sebagai anak muda milenial saat ini kita wajib memaknainya dengan penuh semangat perbedaan. Dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Dan dengan merayakan sesuai porsi individunya masing-masing.

Saat ini, tanggal 25 Desember 2017. Hydro Coco ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Natal bagi teman-teman diseluruh Indonesia yang sedang merayakannya. Sebagaimana Hydro Coco juga tetap selalu mengucapkan kalimat yang sama di semua hari raya keagamaan di Indonesia.

Semoga kita semua adalah anak bangsa yang paham dan mengerti keindahan dan arti sebuah perbedaan. Karena kita adalah anak bangsa yang sama-sama mempunyai hak dalam bersuara, hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan, dan anak yang sama yang lahir dari rahim Ibu Pertiwi.

Punya Masalah Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini 5 Solusinya

Health Hydrococo Lifestyle 28 October 2014

Punya Masalah Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini 5 Solusinya

Read More
Diet Asal-Asalan, 5 Hal Ini Akan Menghampirimu

Activities Health 30 November 2013

Diet Asal-Asalan, 5 Hal Ini Akan Menghampirimu

Read More