SERING KELIRU, PERTOLONGAN PERTAMA INI SEBAIKNYA NGGAK KAMU LAKUKAN

Activities Health Lifestyle 15 September 2017

Oleh Admin

SERING KELIRU, PERTOLONGAN PERTAMA INI SEBAIKNYA NGGAK KAMU LAKUKAN

Saat terjadi sesuatu insiden, seringkali muncul pertolongan pertama, baik dari orang itu sendiri maupun dari orang di sekitar. Ya, wajar sih kalau orang melihat suatu bahaya langsung segera ingin memberikan bantuan.

Pertolongan Pertama atau biasa disingkat PP itu sendiri menurut Wikipedia bahasa Indonesia adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit/cedera/kecelakaan yang membutuhkan pananganan medis dasar. Pertolongan pertama “PP” merupakan pengembangan dari P3K “Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan”.

Kadang kala, pertolongan pertama itu memang membantu, tapi ternyata hal itu juga bisa jadi malah membahayakan. Wah, membahayakan bagaimana?

Nah, banyak sekali persepsi pertolongan pertama yang banyak diketahui padahal hal itu salah untuk dilakukan. Terkadang hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan kita akan pertolongan itu sendiri, atau karena memang kita suka sok tahu.

Nah, dilansir Hydro Coco dari Brightside, berikut ini adalah beberapa  pertolongan pertama yang sering dilakukan banyak orang padahal sebenarnya salah. Mari kita mulai.

 

  1. Mencoba membuat dirimu berkeringat saat suhu tubuh tinggi adalah hal yang buruk.

Sebenarnya jangan menutupi tubuh kamu karena mengigil saat suhu tubuh tinggi dengan baju tebal, selimut tebal dan merendam kakimu kedalam air panas. Yang lebih tepat itu kamu cukup tempelkan saja kain yang sudah direndam air hangat lalu taruh di atas dahi serta pakai baju yang biasa saja. Hal ini membantu tubuh kamu menyingkirkan kelebihan panas lebih cepat.

  1. Jangan menaruh apapun di mulut seseorang yang sedang mengalami epilepsi.

Yang sering keliru kedua adalah menaruh benda-benda pada mulut seseorang yang sedang mengalami epilepsi. Karena yang benar itu adalah menaruh bantal atau alas kepala apapun kepada penderita epilepsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah gegar otak saat kejang-kejang berlansung.

  1. Jangan langsung memberikan krim seperti pasta gigi untuk luka bakar.

Yang berikut ini pasti sering banget kamu lakukan, yaitu memberikan salep atau krim untuk luka bakar. Nah, hal tersebut keliru Sobat Hydro. Yang benar adalah dinginkan luka bakar kamu dengan mencelupkan bagian yang terbakar kedalam baskom berisi air dingin. Lalukan hal ini selama 10 atau 15 menit.

  1. Jangan tarik seseorang yang mungkin terluka tanpa petugas medis karena itu akan membahayakan tubuh si korban sendiri.

Yang berikutnya adalah jangan memaksa menarik keluar orang yang sedang terluka karena kecelakaan kendaraan. Kita nggak mengetahui pasti luka apa yang dialami oleh korban, oleh karena itu yang terbaik dilakukan adalah jangan menarik orang tersebut dan cobalah untuk menghentikan pendarahan apabila ada pendarahan serta telepon ambulan.

  1. Jangan menepuk orang yang tersedak dari belakang karena itu akan membuat benda itu lebih gampang masuk ke tubuh.

Ini juga sering banget kita lihat dan alami. Ketika ada teman yang tersedak, kita sering kali menepuk punggung teman kita. Padahal yang harusnya dilakukan yaitu melengkungkan tubuh teman kita agar benda yang menyangkut itu bisa keluar.

  1. Jangan menarik lidah seseorang yang nggak sadarkan diri karena terjatuh.

Ketika melihat seseorang terjatuh dan nggak sadar diri, sering banget kita membuka mulut orang tersebut dan menarik lidahnya keluar. Tujuannya mungkin agar lidah orang itu nggak tergigit, tapi sebenarnya hal itu juga salah. Yang benar adalah mengubah posisi orang itu menjadi berbaring.

  1. Melihat situasi dan berpikir logis saat menolong seseorang.

Yang terakhir, kita harus lebih dulu melihat situasi dan berfikir logis ketika kita menolong seseorang. Jangan sampai niat baik kita untuk membantu malah membuat kita sendiri celaka karena nggak tahu situasi yang sedang berlangsung. Anggap saja ada teman terkena setrum, masa iya kamu akan segera memegang korban. Bisa jadi kamu juga ikut tersetrum dan membahayakan diri kamu sendiri. Jadi hal terbaik yang harus dilakukan memang melihat bagaimana situasinya. Nah, semoga artikel ini membantu Sobat Hydro.

JANGAN LAKUKAN INI KALAU KAMU NGGAK MAU BATAL NAIK PESAWAT

Activities Health Hydrococo Lifestyle Traveling 25 June 2017

JANGAN LAKUKAN INI KALAU KAMU NGGAK MAU BATAL NAIK PESAWAT

Read More
SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Activities Lifestyle 22 September 2017

SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Read More