TEKNIK YANG PERLU DIKUASAI DALAM BERMAIN FUTSAL

Activities Health Hydrococo 1 October 2019

Oleh Admin

TEKNIK YANG PERLU DIKUASAI DALAM BERMAIN FUTSAL

Sobat Hydro! Kita belum berhenti dalam membahas mengenai futsal ya. Bagaimana bisa berhenti, karena olahraga satu ini sangat populer di kalangan masyarakat dan tentu saja termasuk Sobat Hydro. Seperti kita ketahui bersama, ke-identik-an futsal tidak akan pernah bisa lepas dari sepakbola. Memang sekilas sangat mirip ya Sobat, perbedaannya seperti hanya terlihat di ukuran lapangan dan bola nya saja. Sepakbola memiliki posisi yang terlihat pasti di setiap formasinya. Berbeda dengan futsal, pemain futsal harus memiliki teknik yang merata dimanapun posisinya. Sebagai pemain futsalsudah selayaknya Sobat Hydro menguasai beberapa teknik futsal yang diperlukan. Dengan menguasai dan mahir melakukan tekniknya, maka tentu Sobat akan disegani oleh lawan bertanding meskipun hanya pertandingan persahabatan. Selain itu, Sobat pun akan disenangi teman satu tim, karena dengan adanya Sobat yang sudah mahir melakukan teknik-teknik futsal, akan memberikan ketenangan dan kepercayaan diri kepada teman satu tim.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Sobat tentu harus terus berlatih, adapun teknik yang perlu ditingkatkan agar dapat menjadi bintang lapangan futsal adalah sebagai berikut:

  1. Mengoper Bola (Passing)
    Ini merupakan teknik dasar. Dengan ruang lingkup yang sempit, Sobat harus meningkatkan kemampuan akurasi dan teknik dalam mengoper bola. Terus latihan untuk dapat mengoper bola dengan menggunakan beragam sisi, yaitu menggunakan sisi kaki bagian dalam, bagian luar, ujung kaki, bagian tumit dan sisi bawah. Begitu pula dengan akurasi, operan mendatar dan panjang menyusur tanah merupakan operan yang mematikan dan dapat mengobrak-abrik pertahanan musuh bila dilakukan dengan akurasi yang akurat.
  2. Menggiring Bola (Dribbling)
    Teknik kedua yang sangat penting adalah menggiring bola dan mengecoh lawan. Tidak berbeda jauh dengan mengoper, Sobat harus berlatih menggiring bola dengan beragam sisi, yang dimana hal ini dapat mendukung kemampuan mengecoh lawan Sobat. Teruslah berlatih menggiring bola dengan kaki bagian luar, teknik ini dapat mengecoh musuh yang berlawanan arah. Kemudian menggiring bola dengan kaki bagian dalam, teknik yang dapat membuat lawan kebingungan untuk menebak ke arah mana Sobat akan melangkah. Terakhir adalah menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki, teknik ini akan membuat Sobat bergerak lurus dan sangat efektif untuk bersiap melakukan kecepatan yang Sobat miliki bila area depan Sobat kosong tanpa ada yang menjaga.
  3. Menahan Bola (Control)
    Dalam permainan futsal, teknik yang juga sangat penting untuk dikuasai yaitu kemampuan menahan atau mengontrol bola. Controlling adalah salah satu teknik dasar dalam permainan yang dimiliki seorang pemain saat menerima bola umpan dari temannya agar mampu dihentikan dan dikuasai dengan baik. Cara mengontrol bola yang benar bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, bagian luar atau dengan telapak kaki bagian dalam. Cara kontrol bola yang paling sering dipakai dalam pertandingan adalah mengontrol dengan telapak kaki.
  4. Kecepatan (Pace)
    Ciri dari permainan futsal adalah kecepatan. Dengan area gerak yang sempit, kecepatan sangat dibutuhkan untuk dapat menguasai pertandingan. Pemain futsal dituntut cepat dalam mengalirkan bola, bergerak mencari ruang untuk menerima umpan dan bereaksi. Karena dengan pergerakan yang cepat, seorang pemain futsal akan dapat mengecoh lawan dan juga dalam melakukan penjagaan serta juga dapat dengan cepat menyusun formasi baik itu ketika melakukan penyerangan ataupun ketika bertahan. Oleh karena itu kecepatan harus mutlak dikuasai sebagai salah satu teknik dasar futsal.

Empat hal tadi merupakan teknik yang wajib dikuasai dalam bermain futsal. Selain keempat kemampuan tadi, kekuatan fisik pun sangat perlu untuk terus dilatih ya Sobat. Karena dalam bermain futsal dituntut untuk banyak bergerak, berlari serta sering terjadi kontak fisik. Untuk mendukung hal ini dan teknik-teknik lainnya, Sobat Hydro wajib juga untuk minum Hydro Coco saat latihan agar tidak dehidrasi karena air kelapa merupakan isotonik alami. Hydro Coco, Taste Good Feel Good!

 

APA BETUL BEGADANG ITU BIKIN ORANG LEBIH KREATIF?

Activities Health Lifestyle 24 September 2017

APA BETUL BEGADANG ITU BIKIN ORANG LEBIH KREATIF?

Read More
Tren Running Menjadi Gaya Hidup Baru

Activities Lifestyle 22 January 2016

Tren Running Menjadi Gaya Hidup Baru

Read More