Tetap Produktif di Kantor Saat Puasa

Activities Health Hydrococo 18 June 2017

Oleh Hydrococo

Tetap Produktif di Kantor Saat Puasa

Kamu mungkin sudah mengetahui, hari ini rasanya banyak karyawan kantor yang tinggal di kota A tapi bekerja di kota B yang mana hal tersebut cukup menyita waktu istirahat dirumah karena harus berangkat pagi dan pulang malam setiap hari.

Melakukan rutinitas tersebut dihari-hari biasa saja rasanya sudah bisa dibilang berat, apalagi jika dilakukan saat bulan puasa seperti bulan ini.

Penyakit yang sering mengganggu kita saat berpuasa adalah keterlaluan lemas dan ngantuk. Selain dua hal tadi, mager alias males gerak adalah penyakit paling banyak menyerang kita saat berpuasa. Alhasil, kamu menjadi kehilangan konsentrasi penuh dengan kegiatan dikantor.

Tapi, jangan juga menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dikantor dan mengabaikan tanggung jawab Sobat Hydro. Meskipun puasa, kamu harus masih bisa tetap produktif dengan fit dan semangat di kantor.

Sebenarnya caranya cukup sederhana kok, yaitu dengan mengatur menu makan, dan mengatur aktivitas. Dan mari kita sederhanakan, ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama puasa sambil bekerja di kantor biar kamu tetap produktif.

Yang pertama kamu harus Jaga asupan nutrisi. Maksudnya supaya energi kita tetap terjaga, atur porsi dan menu makanan berbuka dan sahur. Pastikan menu makanan kamu cukup bernutrisi dan lengkap akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan makanan yang termasuk karbohidrat kompleks sehingga proses pencernaan lebih lama dan perut nggak mudah lapar. Jangan lupa minum air putih yang banyak di malam hari, supaya kamu nggak dehidrasi saat puasa. Tapi jangan lupa, minum air kelapa saat buka puasa untuk kamu yang ingin menjaga berat badan kamu.

Kedua adalah dengan merencanakan tugas harian kamu. Dengan merencanakan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan dalam sehari akan membantu kamu tetap produktif dan fokus. Di pagi hari sebelum memulai aktivitas kantor, tulislah daftar tugas harian kamu hari ini. Berpuasa nggak harus menjadi alasan kita melalaikan tugas di kantor.

Ketiga yaitu menghindari ngerumpi dan bergosip. Kebiasaan bersosialisasi dengan rekan kantor memang bisa mengakrabkan kita, betul nggak?! namun bisa berpotensi membuang-buang waktu. Apalagi bergosip merupakan hal yang bisa merusak pahala ibadah. Energi kita pun bisa berkurang dengan bergosip, nggak ada faedahnya. Lebih baik manfaatkan waktu istirahat di kantor dengan membaca buku selama bulan ramadan.

Yang keempat ialah Jangan melakukan aktivitas berat. Selama puasa, energi yang ada dalam tubuh kita menjadi berkurang karena nggak makan dan minum selama beberapa jam. Usahakan nggak melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga. Tubuh kamu bisa kelelahan dan akan mengurangi produktivitas di kantor. Jika energi kamu sudah habis, akibatnya tugas-tugas tentu akan terabaikan.

Dan yang terakhir Istirahat dengan tidur siang secukupnya. Jika biasanya jadwal istirahat kamu terpakai untuk mengisi perut, saat berpuasa pakailah jadwal istirahat kamu untuk tidur siang secukupnya. Hal tersebut lumayan membantu kamu memulihkan tenaga dan bisa kembali melanjutkan aktivitas di kantor. Well, semoga bermanfaat yah Sobat Hydro.

6 Tips Mengisi Waktu Saat Penerbangan Ditunda

Activities 16 September 2014

6 Tips Mengisi Waktu Saat Penerbangan Ditunda

Read More
5 Alasan Harus Bangun Pagi Meskipun Weekend

Activities Health Hydrococo Lifestyle 28 October 2014

5 Alasan Harus Bangun Pagi Meskipun Weekend

Read More