Tips Menjadi Penulis yang Produktif

Activities Lifestyle 13 January 2016

Oleh Admin

Tips Menjadi Penulis yang Produktif

MyHydroCoco – Bener nggak sih menjadi penulis itu mudah? Bagi sebagian orang, menulis justru merupakan kegiatan yang menantang. Meskipun terlihat mudah, banyak penulis sering dihadapkan berbagai kendala, seperti masalah writer’s block alias buntu ide, sifat malas hingga rasa kurang percaya diri.
Setiap orang pasti ingin bisa menulis dengan produktif. Tips-tips berikut ini akan membantumu menulis lebih produktif.
      1.   Manajemen Waktu
Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia. Waktu-waktu yang dipakai untuk menunggu kereta, jadwal keberangkatan pesawat, dosen atau pergantian jam kelas bisa kamu manfaatkan untuk menulis. Kapanpun dan di manapun, jangan pernah jauh-jauh dari buku/notes dan pulpen. Jadikan menulis menjadi kebutuhan kamu setiap harinya.
       2.   Banyak Membaca Buku
Dengan banyak membaca buku, maka kamu akan mendapatkan referensi menulis yang melimpah. Selain itu, membaca buku dengan beragam genre membuat perbendaharaan kata akan semakin kaya.
       3.   Riset
Premis dan outline yang sudah kamu buat sudah tersusun rapi. Namun, ketika kamu sedang membaca ulang tulisanmu, kamu merasa seperti ada yang kurang atau cerita yang kamu buat masih “kurang dalam”. Maka lakukanlah riset secara mendalam mengenai tema cerita yang sedang kamu tulis.
       4.   Eksplorasi di Luar Rumah
Lakukan ini saat kamu sedang mengalami writer’s block: tinggalkan keyboard komputer/laptop kamu, lepaskan pulpen dan kertas, beranjaklah dari meja tulismu. Segera keluar rumah, jalan-jalan, eksplorasi segala hal yang ada di jalan, yang ada di setiap sudut kota. Di sana terkumpul banyak ide yang bisa mengilhami kamu untuk kembali menulis.
        5.   Jangan Biarkan Inspirasi Menguap Hilang Entah Ke mana
Kamu pasti sering mendapatkan sebuah ide yang tiba-tiba datang di otak. Nah, simpan segera ide tersebut dengan menulisnya di notes ataupun handphone. Tak masalah sekalipun hanya satu dua kalimat saja. Jadikan ini sebagai ‘tabungan’ kamu, yang sewaktu-waktu bisa kamu kembangkan menjadi sebuah cerita atau karya yang baru.
        6.   Keep Writing
Seorang penulis kesohor, Ernest Hemingway, pernah berkata, “Write drunk, edit sober.” Artinya, menulis seperti orang mabuk yang gila; tidak bisa berhenti dan tak usah mempedulikan hal-hal teknis, seperti tata bahasa atau pengejaan. Menulislah hingga saatnya kamu harus berhenti, beristirahat sejenak, sebelum akhirnya melakukan proses penyuntingan (editing).
Jangan biasakan diri menulis sekaligus mengedit cerita dalam waktu yang bersamaan, karena ini hanya akan memperlambat kecepatan serta menghambat fokus kita dalam menulis.
Kurang lebih inilah tips singkat agar bisa produktif dalam menulis yang bisa kamu ikuti. Pada intinya jelas, hobi menulis tidak melulu tentang bakat. Jangan lupa untuk minum Hydro Coco untuk menyegarkan pikiranmu di kala kebuntuan ide menghinggap. Hydro Coco Taste Good, Feel Good!
(Berbagai Sumber)
Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Activities Health 18 November 2014

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Read More
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Health Lifestyle 4 November 2014

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Read More