Oleh Admin

TIPS PEMANASAN DAN PENDINGINAN YANG BAIK UNTUK OLAHRAGA FUTSAL

Beberapa artikel yang sudah Sobat baca sebelumnya membahas mengenai olahraga futsal. Mulai dari peran di setiap posisi, manfaat air kelapa untuk para pemain, alat pelindung dalam futsal hingga gelaran bergengsi Hydro Coco National Futsal Tournament. Tapi masih ada pembahasan yang kurang, apa itu Sobat? Yaitu bagaimana cara pemanasan dan pendinginan yang baik untuk para pemain futsal. Ya, pemanasan khususnya pendinginan merupakan hal yang sering terlupakan oleh pemain futsal. Pemanasan sering terlupa karena saking semangatnya para pemain untuk langsung terjun ke lapangan. Sedangkan pendinginan sering dilupakan karena lelahnya para pemain setelah berjibaku di lapangan. Hhmm, masuk akal ya Sobat. Namun bila pemanasan dan pendinginan tidak dilakukan dapat berakibat fatal untuk kesehatan para pemain loh Sobat. Berikut beberapa pemanasan dan pendinginan yang baik saat sebelum dan sesudah bermain futsal.

 

Secara umum, pemanasan dan pendinginan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu statis dan dinamis.

1. Statis

Berdasarkan namanya, statis yang berarti diam atau tidak bergerak. Pemanasan & pendinginan statis yang bisa dilakukan adalah berupa stretching atau peregangan otot. Stretching sebaiknya dilakukan berurutan, dimulai dari kepala, ke bahu, tangan, pinggang dan terakhir kaki. Gerakannya pun beragam, bisa memutar, menekan hingga meregangkan, yang terpenting adalah otot terasa tertarik saat melakukan stretching agar otot lebih siap melakukan aktivitas. Begitupun setelah selesai bermain, pendinginan statis perlu dilakukan.

2. Dinamis

Dinamis mempunyai arti bergerak. Contoh pemanasan dan pendinginan dinamis adalah jogging atau berlari-lari kecil, bisa juga dikombinasikan antara keduanya. Lakukan pemanasan dinamis setelah melakukan stretching sebelumnya, agar otot tidak tertarik saat melakukan pemanasan ini. Begitu pula setelah selesai pertandingan, lakukan juga gerakan statis sebelum duduk ya Sobat.

 

Pertanyaannya adalah, memang pendinginan itu perlu ya Sobat? Sedangkan pertandingan sudah selesai. Tentu itu perlu Sobat, bahkan pendinginan merupakan anjuran dokter loh. Kenapa demikian? Karena bila Sobat langsung duduk atau bahkan tiduran, aktivitas yang tadinya sedang tinggi saat bermain futsal lalu drastis berhenti secara tiba-tiba, maka akan menimbulkan efek buruk terhadap aliran darah dalam tubuh. Hal ini dapat menimbulkan efek pusing dan gelap pandangan sehingga beresiko pingsan. Wah bahaya juga ya Sobat!.

 

Jadi sebelum bermain futsal awali lah dengan pemanasan selama 10 – 15 menit dan diakhiri dengan pendinginan selama kurang dari 10 menit. Pendinginan tidak perlu dilakukan dengan intensitas tinggi, cukup lakukan aktivitas ringan seperti berjalan santai misalnya dengan mengelilingi lapangan futsal. Hal ini agar tubuh secara perlahan melakukan adaptasi terhadap penurunan intensitas tubuh sehingga temperatur tubuh kembali ke kondisi normal juga mengembalikan kelenturan otot-otot yang sudah bekerja keras selama melakukan olahraga futsal. Dengan penjelasan itu semua, jangan sampai terlewat melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah bermain futsal ya Sobat. Dengan begitu, Sobat dapat meminimalisasi cedera serius saat dan setelah bermain futsal. Ditambah lagi, Sobat meminum Hydro Coco saat jeda pertandingan dan setelah pertandingan yang akan menggantikan cairan tubuh Sobat yang hilang selama bermain futsal.

Begini Cara Aman Menerjang Angin Buat “Biker”

Health Lifestyle 12 September 2014

Begini Cara Aman Menerjang Angin Buat “Biker”

Read More
AKHIR KATA, SELAMAT MENGAKHIRI AKHIR TAHUN

Activities Health Hydrococo Lifestyle 22 December 2016

AKHIR KATA, SELAMAT MENGAKHIRI AKHIR TAHUN

Read More