Oleh Hydrococo

TRAVELING SAAT PUASA, KENAPA NGGAK?!

Dua minggu atau mungkin kurang dari dua minggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Nggak bisa dipungkiri, karena alasan adaptasi, banyak kegiatan yang akan terasa berbeda diawal-awal puasa. Dan setelah tubuh kita mulai terbiasa dengan berpuasa ini, kegiatan-kegiatan kita akan terasa normal-normal saja seperti sedia kala.

Sama dengan yang hobi traveling. Traveling sebenernya masih bisa dilakukan kok saat kita berpuasa. Hobi traveling kamu ini juga bisa kamu rasakan biasa saja kalau kamu tahu caranya. Jangan menjadikan alasan berpuasa ini bikin kamu males-malesan dan menghentikan sementara hobi kesukaan kamu. Kalau kamu tahu celah mensiasatinya, kamu akan bisa tetap melakukan traveling saat berpuasa. Nah, beginilah caranya.
Pilih Tujuan Perjalanan yang Mendukung Suasana Ramadhan
Sobat Hydro, kalau kamu punya dana berlebih, akan mengasyikkan jika di bulan suci kamu melakukan perjalanan ke negara-negara Arab atau Turki misalnya, dimana kamu nggak hanya sekedar berkeliling namun juga bisa napak tilas jejak Nabi dan para sahabatnya. Alasan dipilihnya negara-negara Arab biar suasana tujuan kamu sama seperti suasana ramadhan.
Tapi bagaimana jika dana jalan-jalan kamu nggak mencukupi untuk keluar negeri? Tenang,  didalam negeri sendiri juga bisa. Pilihan kota Aceh dan Kampung Muslim Kecicang Islam, Bali bisa menjadi destinasi traveling yang seru. Suasana macam ini aura Ramadhan akan tetap terasa meski kamu jauh dari rumah. Jangan ke Kuta, nanti malah
Packing Barang Bawaan Sesimple Mungkin

Ketika berpuasa, sebisa mungkin kamu menyimpan banyak energi karena tenaga kita bukan dalam keadaan normal. Jika dalam keadaan nggak puasa kamu kuat menggendong ransel sebesar “gajah”  kemanapun, ditengah lapar dan haus tentu kamu akan keok di tengah jalan. Kalau kamu nggak mempertimbangkan beban barang bawaan, bisa-bisa kamu terpaksa sering batal, tentu kamu nggak mau hal itu terjadi.
Jadi jalan terbaiknya adalah kemas barang seefisien mungkin. Pilih barang-barang yang ringan untuk dibawa. Apalagi sekarang sudah banyak  traveling gear  yang memang didesain khusus secara ringan, kok. Atur juga barang-barang tersebut sedemikian rupa, sehingga bebannya merata saat digendong. Metode berkemas yang baik akan meringankan beban yang harus kamu bawa sepanjang perjalanan.
Pilih Rute Transportasi Terpendek dan Ternyaman

Dalam keadaan biasa kamu pasti memilih jalan kaki demi menghemat biaya transportasi. Tapi saat kamu lagi puasa dan cuaca sedang sangat terik. Jangan paksakan diri, ikhlaskan aja sedikit dana untuk naik ojek, becak atau transportasi lokal apapun di tujuan kamu. Harus diingat saat traveling di bulan puasa, Sobat Hydro: jangan sampai mengorbankan ibadahmu karena ingin hemat uang.
Sama halnya ketika kamu memilih transportasi saat kamu berangkat atau pulang dari traveling. Kamu harus pintar memilih rute, karena traveling saat Ramadhan bahkan menjelang lebaran malah bisa hemat.
Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kuncinya yaitu cari tiket yang melawan arus mudik. Menjelang lebaran, jangan pergi ke daerah — justru pergilah ke kota-kota besar tempat banyak perantau bekerja. Selain menikmati harga tiket murah kamu juga bisa jalan-jalan di kota tersebut dengan lebih tenang, karena semua pendatangnya sedang mudik ke daerah asal.
Manfaatkan Gadget-mu Untuk Alat Ibadah

Pilihan  gadget  canggih sudah makin banyak. Ini bisa kita manfaatkan juga dalam perjalanan di bulan Ramadhan. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu unduh agar perjalananmu tetap bisa terisi dengan hal bermanfaat. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa menunjukkan waktu sholat di seluruh dunia di  gadget  berbasis Android atau iOS.
So, Setelah membaca tips ini, jangan ragu untuk packing bawaan kamu, gendong ransel kalian dan melancong di bulan puasa? Serunya akan tetap sama seperti biasa!

3 OLAHRAGA YANG KURANG DIMINATI

Activities Health 16 November 2016

3 OLAHRAGA YANG KURANG DIMINATI

Read More
Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Activities Lifestyle 26 January 2016

Perjalanan Bill Gates Meraih Kesuksesan

Read More