TREN TRAVELING YANG BAKAL HITS DI TAHUN 2020

Traveling 21 January 2020

Oleh Admin

TREN TRAVELING YANG BAKAL HITS DI TAHUN 2020

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas trend-trend yang bakal hits di tahun 2020, seperti fashion, gaya rambut, olahraga hingga tempat wisata. Jadi pakaian Sobat sudah oke, rambut sudah kece’, tubuh sehat karena berolahraga dan wawasan tempat wisata yang bertambah, akan lebih lengkap bila Sobat mengetahui juga trend traveling yang bakal hits di tahun ini. Ya, seorang traveler seperti Sobat Hydro rasanya tak pernah puas dengan tempat-tempat yang sudah pernah dikunjungi. Atau mungkin berbagai cara traveling juga sudah pernah Sobat coba. Untuk menyempurnakannya, maka Sobat harus juga hits dan mengikuti trend traveling di tahun 2020 ini.

Beberapa lembaga survei telah menyebut trend traveling yang dimaksud. Kebanyakan dari mereka adalah platform berbasis online atau aplikasi yang mendapatkan review dari traveler mungkin termasuk Sobat Hydro. Tidak perlu berlama-lama, yuk kita ulas trend yang seperti apa sih yang bakal hits tahun ini.

  1. Wisata “Kota Kedua”
    Di tahun 2020, para traveler mulai tertarik mengunjungi destinasi wisata yang anti mainstream. Prediksi tren wisata tersebut berkembang setelah survei menyebut bahwa 51 persen traveler mengaku akan menukar destinasi awal mereka dengan tempat lain yang tidak terkenal tapi menawarkan pengalaman serupa dengan alasan lingkungan. Selain itu, 54 persen responden mengaku ingin mengurangi over-tourism.
    Salah satu contoh destinasi wisata di Indonesia yang anti mainstream yang bisa Anda kunjungi misalnya Tanjung Lesung, Banten. Di luar Tanjung Lesung, tempat wisata antimainstream lainnya adalah Candirejo, Yogyakarta; Mentawai, Sumatra Barat; atau Pulau Tikus, Bengkulu. Tertarik kah Sobat?
  2. Bergantung Pada Teknologi
    Teknologi yang mendukung industri pariwisata terus berkembang. Kini, kita dapat menemukan berbagai aplikasi yang membantu merancang rencana perjalanan, aplikasi packing, layanan pemesanan tiket dan hotel sampai ke pelosok desa, dan sebagainya. Di masa mendatang, berbagai inovasi yang mendukung para traveler akan terus bermunculan.
    Menurut survei, sebanyak 59 persen traveler berharap mendapatkan kejutan dari tren teknologi baru. Sementara itu 46 persen responden siap menerima dan menggunakan aplikasi paling mutakhir yang akan mempercepat dan mempermudah liburan. Apakah Sobat setuju?
  3. Slow Traveling
    Pada tahun ini, 48 persen traveler yang disurvei mengaku akan menggunakan moda transportasi yang lebih lambat dengan alasan peduli lingkungan. Sementara 61 persen responden akan memilih jalur yang lebih jauh. Alasannya karena liburan bukan hanya soal tempat tujuan, tetapi pengalaman itu juga bisa didapat sepanjang perjalanan.
    Eksplorasi di dalam kota wisata contohnya, bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda atau jalan kaki saja. Bahkan, jika perjalanan dianggap lebih penting daripada tujuan, maka pelancong mau mencoba alat transportasi yang unik dan klasik seperti delman. Ingin mencoba?
  4. Liburan Lengkap
    Survei membuktikan bahwa 54 persen traveler global ingin melakukan perjalanan panjang ke sebuah tempat yang bisa menawarkan beragam aktivitas dan atraksi di tempat yang berdekatan. Kalau perlu turis bisa menikmati kuliner khas, mencoba tantangan atau olahraga tertentu, hingga menonton pameran budaya pada dalam satu-dua hari saja.
    Perkembangan industri pariwisata saat ini sudah mendukung keinginan wisatawan yang berharap bisa menikmati kota wisata dengan optimal dalam waktu yang efisien. Sobat bisa mencari berbagai informasi tempat wisata, jadwal festival atau pameran budaya, hingga lokasi tempat makan yang terkenal di situs atau aplikasi tertentu. Dengan demikian, Sobat bisa membuat rencana perjalanan yang matang.
  5. Liburan Dengan Orangtua
    Sekitar 72 persen responden dari kalangan orang tua yang telah menjadi kakek dan nenek menganggap bahwa menghabiskan waktu bersama cucu bisa membuat awet muda. Nah, salah satu cara yang dipilih untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama cucu adalah dengan liburan. Jadi, jangan heran jika pada tahun ini, Sobat akan melihat berbagai tempat wisata yang dikunjungi orang tua dan anak-anak.
    Para kakek dan nenek zaman sekarang lebih sehat, pemberani, dan ingin selalu aktif setiap saat. Sementara buat anak muda yang sudah memiliki penghasilan, ada baiknya mengikuti tren wisata yang positif ini dengan mengajak kakek dan nenek liburan sesekali. Dengan begitu, Sobat bisa membuat lebih banyak kenangan bersama mereka.
  6. Kuliner
    Salah satu alasan orang memilih tempat tujuan liburan di tahun 2020 adalah wisata kuliner. Orang ingin menikmati pelayanan di restoran bergengsi, mencicip kuliner lokal, dan mencoba menu legendaris. Buktinya, 71 persen traveler global yang disurvey menganggap bahwa pengalaman merasakan makanan yang terbuat dari produk lokal adalah bagian penting dari perjalanan liburan.
    Dengan begitu, maka restoran, kedai, atau bahkan warung tenda yang terkenal, khususnya di kota wisata bakal ramai pengunjung. Jadi, buat Sobat yang ingin mencicipi makanan tertentu di daerah wisata, maka buat perencanaan yang matang. Kalau perlu segera reservasi tempat sebelum berangkat. Siap menjadi gemuk setelah liburan Sobat?
  7. Perjalanan Jangka Panjang
    Traveling sudah menjadi tren di kalangan anak muda sejak beberapa tahun terakhir. Mereka tak mau menyiakan waktu dan tenaga yang masih kuat untuk mengeksplorasi berbagai tempat menarik di seluruh penjuru dunia. Tetapi, liburan dengan memanfaatkan waktu cuti kerja atau akhir pekan saja dianggap tidak cukup. Banyak orang yang mau menikmati tempat yang dikunjungi lebih lama, atau melakukan perjalanan panjang hingga berbulan-bulan.
    Hal tersebut tergambar dari hasil survei Booking.com yang menyebut bahwa 23 persen responden yang berusia 18 tahun-25 tahun mau pensiun sebelum umur 55 tahun. Sementara 52 persen wisatawan menganggap bahwa traveling bisa dilakukan dalam berbagai usia. Jadi, tak heran jika nanti Sobat menemukan banyak anak muda yang pensiun dini, atau berhenti kerja sementara untuk melakukan perjalanan. Sementara itu, mereka juga akan menjadi tenaga lepas untuk membiayai rencana traveling.
5 Olahraga Alternatif yang Patut Dicoba di 2014

Activities Health Lifestyle 2 July 2014

5 Olahraga Alternatif yang Patut Dicoba di 2014

Read More
DERETAN FILM KEREN YANG NGGAK BOLEH DILEWATKAN

Lifestyle 10 April 2017

DERETAN FILM KEREN YANG NGGAK BOLEH DILEWATKAN

Read More