TRIK BIAR NGERTI POLITIK BIAR NGGAK GAGAL PAHAM

Activities Lifestyle 1 December 2016

Oleh Admin

TRIK BIAR NGERTI POLITIK BIAR NGGAK GAGAL PAHAM

Pernah mendengar kutipan berbahasa inggris yang berbunyi

“politics, you can’t run you can’t hide” ?

Politik adalah sesuatu yang kamu nggak bisa lari darinya dan politik juga adalah sesuatu yang kamu nggak bisa bersembunyi darinya. Politik adalah sesuatu yang kamu lakukan setiap hari. Misalnya “eh gue ikut nebeng ya besok pagi, gampang nanti uang bensin gue yang bayar plus gue bawa makanan buat dijalan” ..ini politik. Atau ketika kamu belanja online dan kemudian barangnya dikirim kerumah kamu tapi rumah kamu kosong. Dan akhirnya barangnya dititip ke tetangga sebelah. Terus karena nggak enak, kamu bawa kue – kue kecil untuk kamu kasih pas kamu ambil barang kamu ditetangga. “ibu makasi yaa belanjaan aku dititip disini, oh iya, ini ada kue buat ibu loh” ..tanpa kamu sadari, ini juga politik. Ini adalah politik biar lain kali ketika terjadi kejadian serupa, kamu bisa nitip lagi dengan ibu tetangga sebelah. Si ibu nya nggak akan merasa keberatan.

Belakangan ini kamu sadar nggak kalau di sosmed sedang rame banget  meme – meme soal politik. Banyak video – video yang menjelekan kelompok anu, atau kelompok ono…

Dan semua orang yang kamu kenal tiba – tiba komen hal – hal yang berbau politik seakan mereka mengetahui segalanya. Di jaman yang “agak” bebas bersuara ini memang begini situasinya. Sisi baiknya, semua orang bebas berekspresi (asal bertanggung jawab). Dan sisi buruknya memperkeruh keadaan. Nah bagaimana sih trik supaya kita ngerti dikit – dikit lah soal politik biar nggak gagal paham dan nggak keliatan culun juga.

Pertama. Harus punya kepekaan lebih.

Biasanya orang yang nggak terlalu peka akan alergi sama kata “politik”. Politik ibarat sesuatu yang kotor. Sesuatu yang musingin dan akhirnya males untuk dimengerti. Sejujurnya ini salah loh. “orang yang buta politik adalah orang yang lebih buruk daripada orang yang buta huruf. Orang yang buta politik nggak sadar bahwa biaya hidup, harga makanan, harga rumah, harga obat dan semuanya tergantung keputusan politik. Orang yang berkata “aku benci politik” adalah orang yang tidak mau belajar dan jadinya timbul masalah yang berkepanjangan.

Akibat anti politik dan tidak mau tahu politik bisa mengakibatkan pelacuran, anak terlantar, perampokan dan yang terburuk korupsi”

– Bertolt Brecht, penyair Jerman.

Kalau kamu nggak punya kepekaan, kamu akan tetap injek gas dan ngeloyor masuk padahal lampu merah masih nyala, bisa dibilang itu juga korupsi kan padahal? Maka dari itu, jangan benci dan anti sama politik. Tapi cobalah untuk menerimanya sebagai salah satu sistem yang menunjang kehidupan.

Kedua. Cobalah untuk mendengarkan ketika ayah dan ibu kamu ngobrol – ngobrol ringan dimeja makan.

Biasanya orang tua akan sedikit berceramah tentang pandangan politiknya setelah makan malam atau ketika menonton tv. Nah, dengarkanlah pendapat ayah dan ibu kamu. Soal kamu berpendapat berbeda sama ayah atau ibu kamu itu hal yang biasa koq. Asal jangan jadi berantem ajah, entar dikutuk bahaya.

Trik ketiga.  Huuuuft…. ini nih. Ini nih yang memang bikin kita berbeda sama anak di belahan dunia lainnya. Trik ketiga adalah doyan membaca. Anak – anak indonesia itu memang kekurangan minat baca dibandingin negara lain. Kalo anak muda di Inggris bisa habis 25 judul buku dalam setahun, disini anak mudanya hanya membaca 1-2 buku. Akibatnya pengetahuan umumnya kurang. Hiks. Dengan membaca kita bisa membuka wawasan kita dan senggaknya itu akan membuka kepekaan kita. Dan ini membuat kita balik lagi ke poin pertama.

Baiklah kawan – kawan, mungkin itulah sedikit trik supaya kamu nggak gagal paham dan mengerti politik sedikiiit. Bagaimana? Capek yaaa..? minum Hydro Coco doong untuk melepaskan dahaga kamu.

CARA KEREN NGADEPIN HATERS YANG KEBANGETAN

Activities Lifestyle 8 November 2017

CARA KEREN NGADEPIN HATERS YANG KEBANGETAN

Read More
TIPE CEWE SPORTY YANG GEMESIN

Activities Lifestyle 9 November 2016

TIPE CEWE SPORTY YANG GEMESIN

Read More