Oleh Hydrococo

WAJIB TAHU! INI ADALAH CARA MEMBERI UCAPAN LEBARAN YANG BERKESAN

Salah satu hal seru saat lebaran itu mempersiapkan ucapan lebaran, setuju ya?!. Rasanya seperti nggak lengkap gitu kalau nggak ngucapin lebaran kepada kawan, kenalan, kolega dan atau sodara kita.

Semenjak ponsel menjadi alat yang nggak bisa lepas dari tangan kita, berbagai ucapan selamat lebaran pun bertebaran. Dari yang kocak-kocak, yang bijaksana dan lain sebagainya. BBM, Whatsapp, SMS, Email hingga Facebook dalam beberapa hari terakhir dijejali oleh serbuan ucapan selamat Idul Fitri lengkap beserta permintaan maaf lahir dan batin. Lumrah, karena ini adalah hari gegap gempita, suka cita, sebuah perayaan yang sudah sewajarnya membuat orang berbahagia dan merasa perlu untuk ikut serta larut dalam kegembiraan hari besar ini.

Nggak jauh berbeda saat kartu ucapan lebaran dikirimkan melalui pos, kadang ucapan lebaran saat ini juga penuh dengan ucapan selamat lebaran sekaligus permintaan maaf dengan cara yang nggak biasa, ada ‘bumbu’ agar berkesan. Lantas, bagaimana cara agar ucapan lebaran kita lebih berkesan? Cobalah cara-cara berikut:

Ucapan dengan Puisi

Untuk kamu yang suka kata-kata indah, kamu boleh merangkai kata seindah mungkin seperti contoh ini `Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati. Tulusnya jiwa membuka pintu maaf. Minal Aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Biasanya anak muda nggak memakai cara ini. Anak muda lebih suka dengan menggunakan bahasa asing atau pantun dan ucapan kocak. Contohnya yang pakai bahasa asing seperti ini `Month of Ramadan has passed. Victory Day has come. Let’s clean the soul and heart. From the sin that wallow. Happy Ied Mubarak!`. Jika ucapan seperti ini yang kamu sukai, ya nggak apa-apa. Ini adalah salah satu cara mengucapkan selamat agar berkenan.

Ucapan Simpel

Untuk beberapa orang yang nggak suka macem-macem, sebuah ucapan simple seperti `Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir dan bathin. Mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan selama ini.` adalah ucapan yang cocok bagi kamu yang nggak senang dengan basa-basi atau nggak ada waktu untuk mencari kata-kata yang tepat.

Ucapan Kocak dan Komedi

Ada juga ucapan yang berkesan dengan memberikan ucapan yang bernada lucu agar yang membaca dan menerima senggaknya senyum kecil. Menarik, dan ucapan lucu itu  seringkali membuat kita ketawa saat membacanya. Hanya saja kamu harus hati-hati, banyak loh yang merasa risih saat menerimanya. Jangan sampai jokes kamu nggak bisa diterima sama penerima ucapan.

Sobat Hydro, 3 ucapan diatas tadi sebenarnya cukup bisa membuat berkesan. Tapi ada yang paling penting dan ini adalah inti dari semuanya. Kamu wajib tahu, bahwa memberikan ucapan lebaran yang berkenan dan berkesan itu sebenernya jangan melalui broadcast message. Merangkai ucapan di ponsel kemudian send to all ke semua orang yang nomernya tersimpan di handhone tersebut bukan hal buruk. kita nggak bisa mengatakan bahwa tindakan itu adalah sebuah perilaku yang nggak baik apalagi salah.

Hanya saja, kamu akan merasa bahwa jika kamu menggunakan cara itu, maka ada yang hilang, ada sesuatu yang hilang. Oleh sebab itu sebaik baiknya kita berusaha untuk nggak mempergunakan cara broadcast untuk ucapan selamat. Sebisa mungkin kita menyebutkan nama orang yang kita tuju dalam SMS atau aplikasi chat lainnya. Misalnya “Assalamualaikum…. Apa kabar Budi? Lebaran di Jogja nih? Selamat lebaran ya… mohon maaf lahir dan batin”.

Bunyi ucapan lebaran dengan menyebutkan nama orang yang kita tuju (Budi) sekaligus menyebutkan kampung halamannya (Jogja) adalah ucapan yang sederhana tetapi terkesan istimewa dan lebih ada rasa keakraban. Memang akan lebih ribet, lebih banyak memakan waktu dan tenaga jika kita chat satu persatu orang yang ada di phonebook HP kita. Kadang, masih ada beberapa yang masih tersisa dan mungkin juga ada terlewat.

Tapi, sekali lagi kita tegaskan bahwa kita nggak  bermaksud untuk merendahkan siapapun yang menganut aliran ‘send to all’. Itu baik dan nggak ada salahnya. Akan tetapi jika kamu ingin yang lebih intim dan berkesan, cobalah cara diatas tadi.

Olahraga Angkat Beban

Activities Lifestyle 4 November 2014

Olahraga Angkat Beban

Read More