YANG MANA STRATEGI TIM FUTSALMU?

Activities 4 August 2019

Oleh Admin

YANG MANA STRATEGI TIM FUTSALMU?

Salam Kemerdekaan Sobat Hydro! Seperti pada artikel sebelumnya, pembahasan kita kali ini masih terkait dengan olahraga futsal ya Sobat. Kenapa demikian? Karena selain digelarnya Hydro Coco National Futsal Tournament (HCNFT) 2019, futsal juga merupakan olahraga yang global, dalam artian dapat dimainkan siapa saja, tidak perlu harus menjadi atlet terlebih dahulu seperti olahraga lainnya. Selain itu bisa dimainkan kapan saja, dimana saja mengingat sudah banyak penyewaan lapangan futsal, juga sebagai ajang Sobat Hydro berkumpul dengan kerabat dan kolega dengan cara berolahraga. Pada artikel-artikel sebelumnya Sobat sudah membaca banyak hal mengenai futsal, mulai dari sejarah, tips-tips dalam bermain futsal hingga peraturan-peraturan yang ada. Namun rasanya ada yang kurang bila kita belum membahas mengenai formasi dan strategi dalam futsal itu sendiri. Ya, formasi dan strategi atau taktik mutlak dilakukan sebelum bermain ya Sobat, begitu pula di tengah-tengah permainan bila memang strategi yang diterapkan kurang efektif, mampu terbaca oleh lawan atau mengimbangi permainan lawan.

Karena dimainkan 5 orang di lapangan dalam 1 tim, maka formasi yang diterapkan tentu tidak serumit sepakbola ya Sobat. Eits tapi jangan remehkan sebuah formasi dalam futsal ya, karena di setiap formasi mampu menentukan ritme permainan. Berikut beberapa formasi dan strategi dalam futsal.

  1. Formasi Square (2-0-2)
    Formasi dasar dalam menciptakan keseimbangan bertahan dan menyerang karena diisi oleh 2 pemain depan diikuti dengan 2 pemain belakang. Formasi ini juga merupakan pola yang paling sering digunakan dalam tim futsal saat memulai pertandingan. Formasi Square ini dapat diterapkan dalam situasi apapun, kenapa demikian? Karena dengan formasi ini keseimbangan dalam melakukan penyerangan dan bertahan akan berjalan dengan cepat.Adapun stategi yang biasa digunakan dalam Formasi Square ini adalah Strategi Melebar. Dengan posisi pemain yang seimbang, pemain bisa melebar ke 4 sudut lapangan memanfaatkan lebar lapangan dan memainkan bola dengan leluasa. Saat pemain depan sudah dapat masuk ke daerah pertahanan lawan, pemain belakang perlahan maju untuk membantu penyerangan dan menekan lawan. Namun yang harus diperhatikan dalam strategi ini adalah skill akurasi passing pemain, karena bila lawan sudah dapat memotong operan, maka mereka akan mudah untuk melakukan serangan balik.
  2. Formasi The Wall (3-0-1)
    Mau bertahan? Formasi ini lah yang paling ideal. Seperti kelihatannya ya sobat, formasi ini terdiri dari 3 pemain bertahan dan hanya diisi oleh 1 penyerang. Umumnya formasi ini digunakan untuk tim di menit-menit akhir dengan kondisi menang tipis. Satu penyerang di depan dimaksimalkan untuk merebut bola dipertahan lawan kemudian bebas langsung menyerang sendiri.Negative Football merupakan strategi yang ideal untuk kondisi dan penerapan formasi ini. Seirama dengan formasinya, strategi ini lebih fokus dengan bertahan. Para pemain dapat memainkan bola sesukanya, menjaga ball position guna untuk mengulur waktu permainan, bila ada sedikit saja kesempatan untuk menyerang makan pemain akan melakukan direct pass langsung ke pemain depan. Kalaupun gagal, tidak perlu khawatir, 3 pemain belakang masih dalam posisi menjaga keamanan pertahanan.
  3. Formasi The Counter (2-1-1)
    Selain Formasi Square, formasi dengan komposisi pemain belakang 2 orang, 1 pemain tengah dan 1 penyerang ini merupakan formasi favorit yang diterapkan oleh pelatih-pelatih futsal. Kunci formasi ini terletak pada kecerdasan 1 pemain tengah yang akan mengatur alur bola dan didukung oleh kecepatan dari para pemain lainnya dalam melakukan serangan balik.Beberapa pelatih menerapkan strategi Tiki Taka dalam mengimbangi formasi ini. Kenapa begitu? Karena strategi Tiki Taka kerap digunakan untuk mengelabui dan memancing lawan keluar dari area pertahanannya atau mengacak-acak pertahanan lawan. Untuk menerapkan strategi ini diperlukan pergerakan yang sangat baik dari para pemain disertai passing bola yang akurat agar strategi dapat berjalan sesuai dengan rencana.
  4. Formasi The Y (1-1-2)
    Kenapa disebut “The Y”? Karena posisi pemainnya yang memang serupa dengan huruf “y”. Artinya ini kebalikan dari Formasi The Counter, dimana yang diisi oleh 2 pemain adalah area depan lapangan sedangkan di belakang hanya 1 orang dengan tetap 1 pemain di tengah sebagai pengatur alur permainan. Formasi ini memang mempunyai kelemahan dalam bertahan bila memang lawan menerapkan strategi serangan balik, namun formasi ini mematikan dalam menyerang.Sobat tentu pernah dengar Total Football bukan? Yap! Strategi yang dicetuskan oleh Johan Cruyff saat menukangi Belanda kini juga diterapkan dalam futsal. Layaknya sepakbola, strategi Total Football kerap digunakan untuk mencari gol atau melakukan total attack. Sebenarnya dalam futsal ada istilah lain untuk strategi ini, yaitu Power Play, dimana penjaga gawang keluar dari areanya untuk membantu tim membangun penyerangan sehingga pemain lain dapat maju menusuk jantung pertahanan lawan.

Pada dasarnya, beberapa strategi tersebut dalam diterapkan dalam semua formasi, tinggal bagaimana pola yang diinginkan oleh setiap tim. Kalau Sobat Hydro, yang mana formasi dan strategi yang biasa tim Sobat terapkan?

Meski lapangan futsal berbeda jauh dengan sepakbola, namun jangan kesampingkan rasa lelah yang akan dialami oleh para pemainnya ya Sobat. Meski ukuran lapangannya kecil, namun lapangan futsal bukan berdasar dari rumput yang lebih lunak dan mudah digunakan untuk berlari. Alas lapangan futsal berbahan vynil, parquette, taraflex, rumput sintetis dan sebagainya yang bersifat keras sehingga akan membutuhkan tenaga ekstra saat berlari dan bergerak diatasnya. Maka dari itu perhatikan efisiensi tenaga dalam menentukan formasi dan strategi ya Sobat dan tentu jangan lupa untuk selalu membawa Hydro Coco di setiap sesi latihan dan jadwal pertandingannya ya Sobat.

PANTAI INDONESIA YANG KUDU DAN HARUS KAMU KUNJUNGI

Activities Hydrococo Lifestyle 18 August 2018

PANTAI INDONESIA YANG KUDU DAN HARUS KAMU KUNJUNGI

Read More
SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Activities Lifestyle 22 September 2017

SUDAH NGGAK JAMAN LAGI UJIAN PAKAI SISTEM KEBUT SEMALEM, INI CARA YANG LEBIH AMPUH!

Read More