Hydro Coco Artikel SULIT KONSENTRASI? YUK, OLAHRAGA!
SULIT KONSENTRASI? YUK, OLAHRAGA!

Saat berolahraga, aliran darah akan menjadi lebih lancar termasuk aliran darah ke otak. Aliran darah yang lancar ke otak juga akan memberikan banyak manfaat untuk kinerja otak kita seperti lebih konsentrasi, tidak mudah mengantuk, dan tidak gampang lupa.

20 Jan 2023

Mudah stres, susah tidur, sering lupa, gak fokus dan sulit berkonsentrasi bisa jadi pertanda bila kamu kurang olahraga. Hal ini juga diperkuat dengan adanya beberapa penelitian yang menunjukkan bila olahraga secara teratur dapat menurunkan kadar hormon kortisol yaitu hormon yang merespon stres dan meningkatkan hormon antidepresan.

Melansir klikdokter.com, dalam sebuah penelitian di Irlandia, peserta yang selesai berolahraga lalu menjalani pemeriksaan darah mengalami peningkatn kadar BDNF (Brain- Derived Neurotrophic Factor). BDNF merupakan protein khusus di dalam otak yang membantu menjaga sel-sel saraf tetap sehat. 




Saat berolahraga, aliran darah akan menjadi lebih lancar termasuk aliran darah ke otak. Aliran darah yang lancar ke otak juga akan memberikan banyak manfaat untuk kinerja otak kita seperti lebih konsentrasi, tidak mudah mengantuk, dan tidak gampang lupa.


Bagaimana olahraga memengaruhi kinerja otak?


1. Olahraga mampu mempertajam ingatan

Hipokampus merupakan bagian dari otak yang berperan dalam menyimpan ingatan. Saat berolahraga, hipokampos akan memberikan respon paling kuat sehingga kemampuan daya ingat juga akan meningkat.


2. Olahraga memperbaiki Suasana Hati

Pasti sudah sering denger dong, kalau saat olahraga tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang akan membuat kita merasa nyaman dan senang. 


3. Olahraga membantu mengurangi cemas

Bukan hanya saat berolahraga, efek yang didapatkan juga akan terasa setelah olahraga. Setelah olahraga, amigdala atau bagian otak yang berperan dalam rasa cemas dan takut akan ikut mengecil sehingga dapat mengurangi kecemasan.


4. Olahraga menambah daya konsentrasi dan fokus

Dalam sebuah penelitian menemukan mereka yang rutin berolahraga dengan intensitas sedang memiliki volume cortex prefrontal otak lebih dibandingkan yang tidak berolahraga. Cortex prefrontal ini adalah bagian otak yang mengontrol sekaligus menentukan kemampuan berpikir seseorang sehingga akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus.


5. Olahraga meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di otak

Pembuluh darah merupakan bagiann dari sistem sirkulasi tubuh kita. Fungsingnya untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Selain itu, olahraga juga meningkatkan fungsi dan kesehatan pembuluh darah otak untuk memastikan bahwa jaringan otak terus mendapatkan suplai darah yang cukup.



Olahraga apa saja kah yang baik untuk otak?


Semua olahraga pada dasarnya baik untuk kinerja otak. Namun harus dilakukan secara rutin minimal 30 menit sehari. Buat kamu yang masih bingung olahraga apa yang ingin dilakukan untuk memaksimalkan kinerja otak, berikut beberapa rekomendasinya:


1. Lari
Berlari dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru di bagian hipokampus atau bagian otak yang berperan membentuk ingatan sehingga dapat memicu regenerasi sel pada otak dan meningkatkan daya ingat


2. Sepeda
Bersepeda outdoor dapat memicu pembentuk hormon endorpin sehingga membuat otak lebih tenang dan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga memicu pertumbuhan otak yang maksimal.


3. Berenang

Tekanan air saat berenang membantu mengaktifkan saraf-saraf halus di seluruh tubuh yang bermanfaat dalam kinerja otak. Berenang juga dapat meningkatkan kerja jantung, paru-paru, dan aliran darah ke otak sehingga pasokan darah dan oksigen dalam otak juga semakin meningkat.

4. Yoga

Yoga berperan baik untuk tubuh dan pikiran. Gerakan dalam yoga dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang dan fokus sehingga otak dapat bekerja lebih optimal.


5. Menari 

Olahraga menari seperti Zumba atau Cardio Dance dapat mmeningkatkan fungsi kardiovaskular sehingga menunjang kinerja otak. Selain itu, ritme musik yang digunakan juga memberikan suasana hati menjadi lebih baik.


Yang gak kalah penting untuk meningkatkan kinerja otak adalah menghidrasi tubuh dengan baik. Saat mengalami dehidrasi, otak akan merespon lebih lambat karena otak terdiri dari 80% air. Maka dari itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi namun pastikan cara kamu menghidrasi tubuh tetap sehat. Air kelapa mengandung kaya nutrisi yang baik untuk tubuh seperti elektrolit, magnesium, dan kalium yang bermanfaat dalam membantu mengoptimalka kinerja otak. Hydro Coco mengandung kaya nutrisi air kelapa asli, tinggi serat dan dibuat tanpa pemanis buatan serta tanpa pengawet. Pilihan lebih sehat untuk diminum setiap hari, menghidrasi secara alami bantu imun #LebihTerjaga.




Hydro Coco Artikel Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Dehidrasi Menyebabkan Imun Turun?
Read More
Hydro Coco Artikel Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Saat Pandemi
Read More
Hydro Coco Artikel Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Suka Bersepeda? Perhatikan Anjuran Berikut
Read More